Jumat, 10 Agustus 2012

Daftar Istilah

  • Archie                      : Perkakas untuk pengindeks-an arsip yang terdapat di FTP, sehingga memungkinkan orang untuk melakukan pencarian yang spesifik.  Implementasi pertama kali ditulis oleh Alan Emtage dan J. Peter Deutsch pada tahun 1990
  • BITNET                    : Secara teknis, BITNET merupakan jaringan point-to-point “menyimpan dan meneruskan”. Dalam hal ini sebuah pesan email dari sebuah komputer ditransmisikan secara bertahap dari satu server ke server lainnya sampai tiba di komputer tujuan.
  • Chat                         : Obrol, obrolan, rumpi
  • Client                       : Sebuah komputer yang bertugas menerima data dan informasi yang telah diolah oleh Server yang diperlukan oleh user. Client biasanya di kendalikan / digunakan oleh seorang user.
  • Domain name      : Nama khusus dan unik yang digunakan untuk penamaan situs web pada Internet
  • Link                           : Taut, Kait, Pautan, Pranala
  • Mainframe            : Komputer berukuran relatif besar dan memiliki kemampuan lebih besar dari komputer mikro dan mini, mainframe dapat menjalankan banyak proses dalam satu waktu
  • Offline                     : Terputus atau tidak terhubung kedalam suatu jaringan
  • Online                     : Terhubung kedalam suatu jaringan
  • Server                     : Sebuah komputer yang bertugas melayani pembagian serta pengolahan informasi yang diperlukan oleh Client dalam suatu jaringan. Server biasanya di kendalikan oleh seorang admin
  • Upload                    : Proses pengiriman atau transfer file dari media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user ke sebuah situs web di internet.
  • Usenet                    : Sistem diskusi Internet yang terdistribusi secara global, secara kasar merupakan hibrida/gabungan antara email dan forum web
  • User                         : Pemakai atau pengguna dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail)
  • Veronica                 : Mesin pencari untuk protokol Gopher, diciptakan pada tahun 1992 oleh Steven Foster Fred Barrie dari University of Nevada
  • WAIS                        : Wide Area Information Servers atau WAIS adalah sistem pencarian teks client-server yang menggunakan standar ANSI Z39.50 untuk mencari indeks basis data pada komputer remote
  • Website                  : Situs Web
  • Wireless                 : Teknologi pentransmisian data tanpa menggunakan kabel, teknologi wireless menggunakan frekuensi gelombang elektromagnetik & sinar laser sebagai alat transmisinya

Badan-Badan Atau Lembaga Pengatur Internet

Seperti yang dijelaskan dimuka mengenai cara kerja Internet, berikut ini adalah badan yang bertanggung jawab dalam mengontrol dan mengatur standarisasinya agar Internet tersebut tetap berjalan dan berkembang menjadi lebih baik:
  • Internet Society International (ISOC)
Merupakan badan profesional dengan keanggotaan terbuka kepada siapa saja baik pribadi, perusahaan, universitas, maupun pemerintah. ISOC merupakan badan yang memfasilitasi Internet, mendukung, serta mempromosikan penggunaan dan akses Internet. Badan ini berurusan tidak hanya dengan aspek-aspek teknis, namun juga aspek politik, sosial, pendidikan, ekonomi dsb dari jaringan internet. ISOC bertujuan untuk menjamin pengembangan Internet yang bersifat terbuka, agar evolusi dan penggunaan Internet dapat bermanfaat bagi seluruh umat manusia di muka bumi.
  • Internet Architecture Board (IAB)
Merupakan badan koordinasi dan penasehat teknis bagi ISOC. Badan ini bertindak sebagai review teknis dan editorial akhir semua standar Internet. IAB memiliki otoritas untuk menerbitkan dokumen standar Internet yang dikenal sebagai RFC (Request For Comment) yang dibuat oleh IETF, IEEE dan lembaga lain yang berhak membuat usulan. Tugas lain dari IAB ialah mengatur angka-angka dan konstanta yang digunakan dalam protokol Internet (nomor port TCP, kode protokol IP, dan lain-lain).
  • Internet Engineering Task Force (IETF)
Adalah unit kerja yang berada di bawah IAB yang terdiri dari orang-orang yang berkonsentrasi untuk mengembangkan aplikasi dan arsitektur Internet kedepannya. Badan ini bertugas untuk membentuk standar Internet. Salah satu tugasnya adalah menerbitkan RFC (Request For Comment) atas suatu protokol atau standar yang diusulkan oleh seseorang untuk dikomentari oleh publik atas persetujuan dari IAB. Websitenya adalah www.ietf.org. IETF ini dibagi dalam 9 kelompok kerja (misalnya aplikasi, routing dan addressing, keamanan komputer).

Hardware Layer

Hardware Layer (lapisan perangkat keras) sesuai denga namanya berfungsi secara fisik menghubungkan komputer ke media transmisi data. Media transmisi tersebut dapat berupa saluran telepon, jaringan selular atau koneksi satelit. Lapisan ini termasuk modem, kartu ethernet dan perangkat keras yang langsung terhubung dengan proses transmisi data. Lapisan ini juga yang berperan dalam menerjemahkan sinyal digital berupa bilangan biner yang dapat dimengerti oleh komputer menjadi sinyal analog yang dapat ditransmisikan lewat saluran telepon dan sebaliknya apabila diperlukan.

Agar komunikasi dapat berjalan sebagaimana mestinya dan agar data dapat dikirim dari komputer pengirim dengan akurat ke komputer tujuan, Internet juga membutuhkan suatu sistem penjaluran (routing) dan pengalamatan. Bayangkan, tentu kita tidak dapat mengirim sesuatu tanpa mengetahui alamat penerima. Oleh karena itu, setiap komputer yang terhubung ke jaringan Internet memiliki suatu alamat yang menggambarkan komputer tersebut secara unik. Artinya masing-masing komputer memiliki alamat yang berbeda. Alamat tersebut disebut dengan IP Adress. Seperti yang dijelaskan di muka, pada protokol TCP/IP lapisan Internet Protokol (IP) adalah lapisan yang bertugas untuk memberikan IP Adress kepada tiap komputer/mesin jaringan. IP Adress adalah deretan angka biner (angka biner adalah angka yang hanya terdiri dari bilangan 0 dan 1) antara 32-bit sampai 128-bit yang dipakai untuk mengidentifikasi tiap komputer host dalam jaringan Internet. Sistem pengalamatan IP tersebut terdiri dari dua jenis, yaitu IPv4 dan IPv6. Contoh dari IP Adress adalah 121.243.222.123 (IPv4) dan 2001:e00:d:10:3:140:83 (Ipv6).

Karena IP Adress umumnya sulit diingat oleh manusia, maka jaringan Internet juga menggunakan suatu sistem penamaan komputer agar nama komputer (Domain name/host name) menjadi berbentuk kata atau frasa. Kata atau frasa semisal “wordpress.com” tentunya lebih mudah diingat daripada deretan nomor IP Adress seperti “121.243.222.123”. Sistem yang menyimpan suatu informasi tentang nama komputer host atau domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) disebut dengan Domain Name System (DNS). DNS menyediakan servis yang sangat penting untuk Internet. Fungsi dari DNS bisa dianggap seperti buku telepon Internet, dimana saat pengguna mengetikan “indosat.net.id” pada browser maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 124.81.92.144 (IPv4) dan 2001:e00:d:10:3:140:83 (Ipv6).
Sebuah komputer pengguna (Client Computer) yang hendak dihubungkan ke jaringan Internet, pada awalnya harus terhubung kesebuah Server. Sebuah server akan mengatur akses dan mengirimkan data-data dari dan kedalam Internet yang diminta oleh beberapa client, sehingga komputer client dapat mengakses berbagai fasilitas yang terdapat di Internet seperti web, chat, email, dan lain sebagainya.



Gambar 1: Bagan Cara Kerja Internet Pada Saat Transmisi Data Antara Dua Buah Node

Ketika seseorang mengirimkan data lewat Internet, katakanlah bahwa user-A dan user-B merupakan masing-masing pengguna jaringan Internet (lihat gambar 1). User -A menggunakan layanan Internet dengan browser. Pada saat menjalankan browser, user-A hanya berkomunikasi secara langsung dengan lapisan aplikasi. Tindakannya disampaikan melalui lapisan aplikasi pada lapisan TCP. Lapisan TCP berkomunikasi dengan lapisan IP, kemudian lapisan IP berhubungan ke perangkat keras. Bersamaan dengan berjalannya semua itu, masing-masing protokol dengan sistemnya mengatur agar tiap lapisannya berfungsi dengan cara yang tepat. Untuk kemudian data atau permintaan dari user-A dikirim ke user-B, melalui jalur kerangka Internet. Pada saat user-A mengirimkan data berupa teks ke user-B, TCP/IP mulai bekerja. TCP membagi teks tersebut menjadi paket-paket data kecil, menambahkan beberapa informasi (dapat dianggap sebagai pengiriman barang), sehingga komputer user-B sebagai penerima memastikan bahwa paket yang diterimanya tidak mengalami kerusakan sepanjang pengiriman dan menyusun kembali paket-paket tersebut menjadi susunan teks seperti aslinya. Bayangkan betapa luar biasanya Internet bekerja, bahwa semua proses rumit tersebut dapat dilakukan hanya dalam hitungan detik. Dan kita hanya menikmati hasilnya tanpa perlu lagi memikirkan prosesnya J.

Internet Protocol (IP) Layer

Tugas utama dari lapisan ini adalah memberikan identifikasi mesin pada jaringan. Identifikasi diperlukan layaknya sebuah alamat tiap rumah yang bersifat unik/berbeda karena setiap rumah tersebut berada pada tempat yang berbeda, tentu untuk mengirimkan paket agar sampai ketujuan diperlukan alamat yang tepat. Internet protokol berfungsi untuk memberikan alamat yang berbeda pada tiap perangkat jaringan.

Transmission Control Protocol (TCP) Layer

Lapisan ini berada antara lapisan aplikasi dan lapisan protokol Internet (IP). Lapisan ini berfungsi untuk menerima dan mengarahkan data ke aplikasi tertentu menggunakan nomor port.

Aplication Layer

Aplication Layer (Lapisan aplikasi) bertindak sebagai antarmuka antara pengguna dan sistem, sehingga pengguna dapat dengan mudah menggunakan Internet tanpa direpotkan detail sistem pengelolaan dan transmisi data yang rumit. Lapisan ini memiliki aplikasi khusus protokol seperti hypertext transfer protocol (HTTP), email, chatting, atau file transfer protocol (FTP), dll, yang berkomunikasi dengan lapisan dibawah berikutnya.

Cara Kerja Internet

Terjadinya sebuah dunia bernama Internet memang sangat rumit. Bagaimana tidak, seluruh orang didunia ingin dilayani permintaan komunikasinya secara praktis, dalam waktu relatif singkat dengan berbagai bentuk format data. Tentunya agar semua permintaan dapat dilayani dibutuhkan suatu sistem aturan yang rumit pula. Cara kerja Internet diatur dalam serangkaian peraturan dan standar yang disebut dengan protokol. Untuk memahami bagaimana Internet bekerja kita harus memahami terlebih dahulu bagaimana protokol tersebut bekerja.

Protokol yang digunakan pada Internet disebut dengan TCP/IP. TCP/IP inilah yang mengendalikan, mengatur, atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer (node). TCP/IP memiliki lapisan-lapisan (layer) yang tiap lapisannya memiliki peran masing-masing dalam mengatur lalu lintas paket-paket data agar dapat ditransmisikan dengan baik tanpa rusak atau hilang. Paket data tersebut tentunya berasal dari beragam jaringan komputer berbeda, perangkat berbeda, jarak berbeda. Dengan segala macam perbedaan tersebut, beserta jumlah pengguna diseluruh dunia, dapat dibayangkan betapa luar biasa rumitnya bukan?. Berikut ini sedikit ulasan mengenai lapisan-lapisan pada TCP/IP:

Layanan Atau Fasilitas Yang Terdapat Dalam Internet

Informasi yang berada di Internet begitu luar biasa melimpah dan beragam. Dari mulai tulisan, program komputer, database, gambar, musik, video, film dan lain sebagainya dapat kita temukan di Internet. Layanan yang ada di Internet diantaranya:
  1. E-mail (Elektronik Mail) merupakan fasilitas Internet untuk mengirim dan menerima surat yang ditansmisikan secara elektronik. Dengan e-mail kita dapat mengirim surat nyaris tanpa biaya dan sampai ketujuan dalam hitungan detik, tanpa dibatasi oleh jauhnya jarak yang harus ditempuh.  Selain itu, kelebihan e-mail dibandingkan surat biasa selain dapat mengirimkan pesan berupa tulisan (teks) adalah dapat pula mengirim sisipan pesan (Attachment) berupa file suara, video, gambar dan lain sebagainya.
  2. Mailing List, yaitu perkembangan dari e-mail berupa langganan berita atau informasi yang dikirim melalui e-mail. Seseorang yang sudah mempunyai e-mail dapat berlangganan berita atau informasi dari suatu topik tertentu. Untuk keperluan ini maka penerima e-mail perlu mendaftarkan ke penyedia yang akan menyebarkan berita tersebut supaya alamat e-mailnya tercatat di daftar yang akan dikirimi berita.
  3. News Group atau Network News atau BBS (Bulletin Board Service), yakni aplikasi Internet berupa Electronic Bulletin Board atau fasilitas yang memungkinkan kita tergabung bersama grup dan saling berdiskusi sesuai topik-topik tertentu.
  4. File Transfer Protocol (FTP),  layanan ini memungkinkan pengguna Internet untuk melakukan upload (menyimpan/unggah) atau kegiatan mentransfer file dari satu komputer server web dan download (mengambil/unduh) atau kegiatan mengambil file dari server web dan atau mentransfer file dari komputer ke komputer lain.
  5. Remote login yaitu Telnet, adalah fasilitas untuk mengakses komputer lain dari jarak jauh. Dengan fasilitas ini, misalnya kita yang berada di kota Jakarta dapat mengendalikan komputer yang berada di kota Bandung.
  6. Information Browsing yaitu Gopher, adalah fasilitas untuk menemukan informasi di Internet dalam bentuk menu-menu berupa teks. Kelemahan gopher hanya dapat menampilkan menu-menu sebatas dalam bentuk tulisan.
  7. Advanced Browsing yaitu WWW (World Wide Web), yaitu kumpulan dokumen yang tersimpan di server web dalam bentuk HTML. Pengguna dengan mudah dapat menemukan informasi di Internet tidak hanya dalam bentuk tulisan, melainkan grafis, suara dan video yang saling terkait menggunakan link sehingga disebut hypermedia.
  8. Automatic Title Search, yaitu Archie dan Veronica, adalah fasilitas pencarian informasi di Internet dengan mengetikan tittle (judul) topik.
  9. Automatic Content Search, yaitu WAIS (Wide Area Information System), adalah fasilitas pencarian informasi otomatis dengan meneliti isi dokumen yang ditemukan.
  10. Layanan Komunikasi dua arah, yaitu chat: dapat mengirim dan menerima pesan berupa teks, komunikasi audio: dapat mengirim dan menerima pesan berupa suara , video call: dapat mengirim dan menerima pesan berupa gambar dan suara secara realtime dan teleconference: komunikasi dua arah secara multimedia sehingga memungkinkan kita seolah-olah melakukan suatu pertemuan atau rapat langsung dalam sebuah ruangan tanpa dibatasi jarak.

Pengertian Internet

Internet (Interconnected Network) merupakan jaringan global yang menghubungkan komputer yang satu dengan lainnya diseluruh dunia. Dengan Internet, komputer dapat saling terhubung untuk berkomunikasi, berbagi dan memperoleh informasi.  Dengan begitu maraknya informasi dan kegiatan di Internet, menjadikan Internet seakan-akan sebagai dunia tersendiri yang tanpa batas. Dunia didalam Internet disebut juga dengan dunia maya (cyberspace). internet (dengan huruf  “i” bukan kapital) sebenarnya adalah suatu sistem global jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar internet protokol (TCP/IP). Rangkaian internet yang terbesar disebut Internet (dengan huruf “i” kapital). Jadi internet adalah sebuah sistem dan Internet merupakan nama dari salah satu sistem terbesarnya.

Informasi dalam Internet umumnya disebarkan melalui suatu halaman website yang dibuat dengan format bahasa pemrograman HTML (Hypertext Markup Languange). Untuk dapat menampilkan halaman website diperlukan suatu perangkat lunak aplikasi yang disebut dengan browser. Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome, Safari dan Internet Explorer merupakan contoh dari browser. Halaman utama suatu website disebut dengan homepage. Dari halaman utama kita dapat membuka berbagai macam informasi melalui tombol yang disebut dengan link. Link dapat menghubungkan kita dengan halaman atau website lainnya, sehingga informasi yang dapat kita peroleh menjadi kaya. Layanan berupa situs yang digunakan dalam memudahkan pencarian informasi disebut dengan Web Search Engine. Contoh dari web search engine adalah Google, Yahoo, dan Bing. Dengan web search engine kita cukup menuliskan kata kunci dari informasi yang akan kita cari, dan dalam hitungan detik informasi tersebut dapat ditemukan. Misalnya dalam mencari informasi tentang artis favorit, kita tinggal mengetik nama artis tersebut sebagai kata kunci di web search engine.

Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh layanan Internet telah mengubah cara pandang dan hidup manusia. Berbagai bidang kehidupan bisa dilakukan secara elektronik. Kini orang dengan mudah dapat membeli barang-barang yang diinginkan hanya dengan membuka komputer dimanapun dia berada dan melakukan transaksi secara online. Dari hal tersebut munculah istilah E-commerce (electronic commerce) yang dapat berarti perdagangan lewat dunia maya. Ada pula E-government (electronic government) yang berarti interaksi digital antara pemerintahan dan masyarakat. Dengan adanya e-government memungkinkan transparansi di bidang pemerintahan sehingga informasi tentang pemerintahan dapat diketahui oleh masyarakat, tentunya hal ini akan meningkatkan kepercayaan dan dukungan masyarakat terhadap pemerintah. Selain itu proses birokrasi yang rumit dapat dihapuskan sehingga lebih memudahkan pelayanan pemerintah bagi masyarakat. Terdapat pula istilah-istilah “E” yang lain dalam berbagai sektor kehidupan, seperti E-Bussiness, E-education dan lain sebagainya.

Sejarah Internet

Internet pada awalnya terbentuk dari lingkungan militer, dibawah naungan Departemen Pertahanan Amerika dengan proyek yang bernama Advanced Research Project Agency (ARPA). Jaringan komputer terbentuk pertama kali pada tahun 1969. Pada saat itu jaringan komputer tersebut hanya terdiri dari beberapa komputer yang dihubungkan dengan kabel dan selanjutnya disebut dengan ARPAnet. ARPAnet sendiri dibangun dengan tujuan membuat jaringan komputer yang tersebar sehingga informasi tidak terfokus di satu titik yang diperkirakan akan mudah dihancurkan bila terjadi peperangan.  Apabila satu bagian dari jaringan terputus, jalur yang melalui jaringan itu secara otomatis dipindahkan ke jalur lainnya.

Pada tahun 1977, lebih dari 100 komputer mini dan mainframe yang sebagian besar berada di universitas terkoneksi ke ARPAnet. Hubungan komputer ini dimanfaatkan oleh dosen-dosen dan mahasiswa untuk berbagi informasi. Pada awal 1980-an, ARPAnet dibagi menjadi dua jaringan, yaitu ARPAnet dan milnet. Milnet merupakan jaringan militer, namun keduanya memiliki suatu hubungan sehingga dapat saling terkoneksi. Jaringan interkoneksi ini disebut dengan DARPA Internet, tetapi selanjutnya hanya disebut Internet. Pada awalnya Internet hanya bisa diakses oleh komputer mini dan mainframe. Setelah dibukanya layanan Usenet dan BITNET, Internet dapat diakses oleh Personal Computer (PC). Kini dengan semakin berkembangnya teknologi perangkat mobile seperti “hape”, PDA, Tablet PC dan Smartphone, bahkan televisi dan berbagai macam alat telekomunikasi lainnya, kita dapat terhubung dengan sangat mudah ke Internet dengan suatu sistem yang disebut WAP (Wireless Aplication Protocol).

Cara Mengelola Animasi Di Microsoft Poewerpoint

Cara Memberi Efek Animasi pada Objek

  1. Pilih objek yang akan diberi efek animasi.
  2. Pada Animations tab, Animations group, pilih animasi yang diinginkan pada daftar di Animate.
    Animation Group
  3. Untuk melihat tampilan animasi, klik tombol Preview.

Cara Menghapus Efek Animasi pada Objek

  1. Klik pada objek yang ingin dihapus efek animasinya.
  2. Pada Animations tab, Animations group, pilih No Animation di bagian Animate.

Kamis, 09 Agustus 2012

Tips-Tips Menggunakan Microsoft Powerpoint

komponen yang terdapat dalam powerpoint 2007 beserta fungsinya.
  1. microsoft office button : tombol yang berisi sebuah menu pull down, seperti= new, open, save, save as, print, close, dan lain-lain.
  2. quick access toolbar : merupakan toolbar yang berisi tombol-tombol perintah secara cepat. secara default, terdapat 3 perintah yaitu, save, undo, dan redo. untuk keperluan tertentu, tombol-tombol ini bisa ditambahkan maupun dihilangkan sesuai dengan keperluan.
  3. title bar : berisi nama file yang sedang dibuka diikuti dengan nama aplikasinya, dalam hal ini adalah microsoft powerpoint. saat pertama kali powerpoint dibuka, secara otomatis akan diberi nama presentation 1.
  4. tab ribbon : semacam toolbar yang berisi beberapa grup, dimana masing-masing grup terdiri dari berbagai macam perintah yang sudah diklasifikasikan sesuai dengan fungsinya masing-masing.
  5. group : terdiri dari kumpulan beberapa perintah yang sudah diklasifikasikan sesuai dengan fungsinya. perintah-perintah tersebutditandai dengan gambar.
  6. slide pane : untuk menampilkan slide-slide yang telah dibuat.
  7. placeholder : digunakan untuk memasukkan teks didalamnya.
  8. slide number : digunakan untuk melihat slide yang aktif dan jumlah slide yang telah dibuat.
  9. view mode : digunakan untuk mengatur mode tampilan. ada 3 macam pilihan tampilan yaitu normal, slide sorter, dan slide show.
  10. zoom slider : digunakan untuk memperbesar atau memperkecil suatu tampilan slide.
setelah semua komponen diatas telah dipahami icon dan fungsinya, barulah saya akan mulai memberikan tips yang telah saya janjikan tadi.
pertama saya akan mengajak anda untuk dapat mengonversi slide ke format file PDF.
file PDF adalah format file yang biasa digunakan untuk mempublikasikan suatu file di internet, kenapa karena format PDF mempunyai ukuran lebih kecil. nah jika teman-teman ingin mengonversi file PDF , maka teman-teman terlebih dahulu harus menginstal program adobe acrobat, tapi ingat jangan menginstal adobe acrobat reader, karena itu fungsinya untuk membaca file, tetapi installah adobe acrobat profesional (pembaca sekaligus pembuat file PDF). nah setelah itu diinstal maka akan muncul ribbon add-ins yang telah berisi adobe PDF. setelah itu untuk melakukan konversi presentasi kedalam file PDF pertama-tama, buka dulu presentasi yang telah teman buat, kemudian klik tombol add-ins kemudian klik adobe PDF, kemudian pilih convert to adobe PDF. setelah itu akan muncul kotak dialog save adobe PDF file as , jika teman tidak ingin mengganti nama file PDF yang akan dikonversi tekanlah save, lalu akan muncul kotak dialog acrobat PDFMaker untuk mengonversi file tersebut, tunggu beberapa saat hingga proses pengonversian selesai. selanjutnya, secara otomatis program adobe acrobat akan terbuka, dan akan menampilkan file yang baru saja dikonversi.

Cara Memulai Microsoft Powerpoint

Presentasi merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja, dengan tujuan untuk memberikan penjelasan yang tentang suatu topik oleh seorang presenter kepada audiennya. Termasuk di dunia pendidikan presentasi merupakan suatu kemutlakan yang harus dilakukan oleh sorang tenaga pendidik terhadap peserta didiknya di dalam proses pembelajaran, dengan tujuan agar transfer knowledge dapat terajadi secara optimal.

Dalam proses presentasi ini, peranan media pendukung merupakan salah satu aspek yang dapat menentukan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran tersebut, karena dengan adanya media pendukung, proses komunikasi dapat berlangsung dengan lebih baik. Salah satu jenis media pendukung tersebut adalah slide presentasi. Dengan berkembangnya teknologi komputer, maka peranan slide ini dapat digantikan oleh beberapa jenis aplikasi, salah satu yang paling populer adalah Microsoft PowerPoint.
Microsoft PowerPoint merupakan salah satu perangkat lunak yang sangat populer dalam menunjang kegiatan presentasi.

Untuk memulai program Microsoft Powerpoint 2003, maka terlebih dahulu paket software ini harus terinstal kedalam PC. Adapun langkah-langkah untuk memulai program Microsoft Powerpoint 2003 adalah sebagai berikut :
  1. Klik tombol start
  2. Pilih All Programs
  3. Pilih Microsoft Office
  4. Klik Microsoft Office Powerpoint 2003




Berikut adalah gambar dari jendela Microsoft Powerpoint 2003 :



Pengertian Microsoft Powerpoint

PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya.
PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix.
Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer untuk presentasi.
PowerPoint dapat menyimpan presentasi dalam beberapa format, yakni sebagai berikut:

- PPT (PowerPoint Presentation), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12).
- PPS (PowerPoint Show), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12).
- POT (PowerPoint Template), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12).
- PPTX (PowerPoint Presentation), yang yang merupakan data dalam bentuk XML dan hanya tersedia dalam PowerPoint 12.

Disini saya memberikan sebuah fasilitas search engine untuk mencari file powerpoint yang mempunyai type file : PPT
Penggunaannya sangat mudah, anda tinggal memasukkan judul Powerpoint yang ingin anda cari dan klik tombol cari.



http://finderonly.com/PowerpointSearchEngine/

Sejarah Microsoft Powerpoint

Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint. Pada tahun 1987, PowerPoint Versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. Pada waktu itu, PowerPoint masih menggunakan warna hitam dan putih, yang mempu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi Overhead Projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.

Microsoft pun mengakui sisi Forethought. Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dollar pada 31 Juli 1987, Versi Microsoft Windows dari PowerPoint (Versi 2.0) muncul kepasaran, mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0 sejak 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).

Versi terbarunya adalah Microsoft Office PowerPoint 2007 (PowerPoint 12), dirilis pada November 2006, yang merupakan sebuah lompatan yang cukup jauh dari segi antarmuka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan.

Sumber : Wikipedia.com / Satelit TIK (SMP/MTs)

Contoh Soal Microsoft Access

Microsoft Access 2007
1Buka aplikasi Microsoft Access 2007,
2. Buat database dengan Nama File : Access_Nama kalian
3. Buatlah tabel dengan ketentuan sebagai berikut :
 
         
   Simpan tabel dengan Nama File : Tabel_klinik
4. Buatlah desain form dengan judul KLINIK PERSALINAN SELEBRITI
     -  KELAS dibuat bentuk pilihan (A, B, C) 
     -  PENANGANAN dibuat bentuk pilihan (DOKTER, BIDAN)
 5. Buatlah Tombol Navigasi  ADD RECORD dan DELETE RECORD 
 6. Beri rumus pada LAMA INAP, BIAYA INAP, BIAYA PERSALINAN, 
       TOTAL BAYAR.

  Ketentuan :
  - LAMA INAP = (cari sendiri)
  - BIAYA INAP = 
Jika Kelas A maka biaya inap per harinya 350.000
Jika Kelas B maka biaya inap per harinya 250.000
Jika Kelas C maka biaya inap per harinya 150.000
 - BIAYA PERSALINAN = 
Jika Penanganannya DOKTER maka biaya persalinannya 1.500.000, 
Jika Penanganannya BIDAN maka biaya persalinannya 750.000.
- TOTAL BAYAR =  
Penjumlahan dari Biaya Inap dikalikan Lama Inap dan Biaya Persalinan.

7. Inputkan 5 record.
 


Selasa, 07 Agustus 2012

Struktur Database

Sistem Manajemen Database (Database Management Sistem - DBMS) adalah suatu aplikasi perangkat lunak yang didesain untuk membantu dalam hal pemeliharaan dan utilitas kumpulan data dalam jumlah besar, menyimpan struktur database, data itu sendiri, hubungan antar data di dalam database, maupun formulir dan laporan yang berhubungan dengan database, DBMS dapat menjadi alternative penggunaan secara khusus untuk aplikasi, misalnya penyimpanan data dalam field dan menulis kode aplikasi yang spesifik untuk pengaturannya. Berikut adalah jenis Struktur-struktur database :

Model Hirarkis


Model data hirarkis mengatur data dalam struktur pohon. Ada hirarki segmen orang tua dan anak data. Struktur ini menunjukkan bahwa merekam dapat memiliki informasi berulang, umumnya di segmen anak data. Data dalam serangkaian catatan, yang memiliki seperangkat nilai-nilai field yang melekat padanya. Ia mengumpulkan semua contoh dari sebuah catatan khusus bersama sebagai tipe record. Ini jenis catatan adalah setara tabel dalam model relasional, dan dengan catatan masing-masing menjadi setara dengan baris. Sebagai contoh, sebuah organisasi mungkin menyimpan informasi tentang seorang karyawan, seperti nama, nomor pegawai, departemen, gaji. Organisasi mungkin juga menyimpan informasi tentang anak-anak karyawan, seperti nama dan tanggal lahir. Karyawan dan data anak-anak bentuk hirarki, dimana data karyawan merupakan segmen induk dan data anak-anak merupakan segmen anak. Jika seorang karyawan memiliki tiga anak, maka akan ada tiga segmen anak terkait dengan satu segmen karyawan. Dalam sebuah database hirarki hubungan orang tua-anak adalah satu ke banyak. Ini membatasi segmen anak untuk memiliki hanya satu segmen orangtua. Hirarkis DBMS sangat populer dari akhir 1960-an, dengan diperkenalkannya IBM Sistem Informasi Manajemen (IMS) DBMS, melalui 1970-an.

Membuat Tabel Baru

Dalam membuat tabel baru dengan menggunakan fasilitas Create Table by Entering Data dapat dilakukan dengan cara :

1. Aktifkan program aplikasi Ms. Access

2. Klik Open untuk membuka file database

3. Klik Tables yang ada pada Objects



4. Klik 2 kali Create Table by Entering Data



Hasilnya seperti berikut :



5. Nama field dapat diubah dengan cara memilih kolom yang akan diubah namanya, kemudian klik menu Format > Rename Column atau klik 2 kali pada nama field yang diinginkan

6. Untuk mengubah lebar kolom, arahkan mouse pada batas kanan nama kolom yang akan diubah hingga penunjuk mouse berubah menjadi panah dua arah kemudian geser sesuai yang diinginkan



7. Setelah perancangan selesai, simpan table dengan memilih dan mengklik menu File > Save (Ctrl+S) atu klik tombol toolbar Save


8. Pada kotak isian Table Name, ketik nama tabel lalu klik OK

9. Kemudian tutup jendela pendefinisian dengan memilih dan mengklik File > Close atau klik tombol toolbar Close (X)

Membuka Dan Menutup Microsoft Access

Untuk membuka sebuah file database dapat dilakukan dengan langkah seperti berikut :

• Aktifkan program aplikasi MS. Access

• Jika aplikasi Ms. Access sudah terbuka, maka untuk membuka sebuah file database dengan memilih dan mengklik menu File > Open (Ctrl+0) atau klik tombol toolbar Open

• Pada daftar pilihan Look in, pilih dan klik drive dan folder tempat file tersimpan

• Pada kotak isian File name, ketik nama file yang ingin dibuka atau klik 2 kali pada nama file yang diinginkan

• Klik tombol perintah Open.


Untuk menutup sebuah file database dapat dilakukan dengan menggunakan salah satu langkah berikut :

• Klik File > Close pada Menu Bar


• Tekan tombol kombinasi shorcut Key Ctrl + F4 atau Ctrl + W

Pengertian Tabel Dalam Microsoft Access

Tabel dalam sebuah database adalah objek pokok yang harus ada, karena tabel merupakan tempat penyimpanan data yang sesungguhnya. Tabel dalam Microsoft Access merupakan tempat penampungan data atau informasi.

Untuk membuat tabel ada 3 cara yaitu:

1. Create table in design view

2. Create table by using wizard

3. Create table by entering data

Seperti yang diketahui bahwa database merupakan kumpulan dari beberapa tabel yang terintegrasi menjadi satu kesatuan yang saling berhubungan. Sedangkan tabel merupakan kumpulan dari beberapa record dan fields. Sebagai ilustrasinya adalah sebagai berikut :



• Fields adalah atribut yang dimiliki oleh suatu tabel atau tempat data (informasi) dalam kelompok yangsama atau sejenis dimasukkannya. Field pada umumnya tersimpan dalam bentuk kolom secara vertikal. Sebagai contoh pada tabel di atas yang terdiri dari 5 field yakni Nim, Nama, Alamat, Nilai UTS, Nilai UAS.


• Record adalah isian data yang dimiliki oleh tabel atau data lengkap dalam jumlah tunggal yang biasanya tersimpan dalam bentuk baris secara horizontal pada tabel. Sebagai contoh pada tabel di atas berisi data salah satu siswa dengan informasi 01, Wati, Malang, 90, 80.

Berikut adalah berbagai jenis data yang ada dalam Ms. Access :

• Text merupakan tipe data yang sering digunakan (Alfabetic dan Numeric). Panjang maksimumnya 255 karakter.

• Number, hanya digunakan untuk menyimpan data numerik untuk perhitungan matematis.



• Date/Time, digunakan untuk menyimpan nilai tanggal dan jam. Panjang maksimumnya 8 karakter. Berisi nilai data tanggal dan waktu untuk tahun 100 sampai dengan 9999

• Memo, dapat menerima teks apa saja sebagai catatan atau keterangan dan mampu menampung nilai sampai 65535 karakter.

• Currency, sering digunakan untuk nilai mata uang dan bilangan yang digunakan dalam perhitungan matematis termasuk data dengan 1 sampai 4 angka di sebelah kanan tanda desimal dan 15 digit di sebelah tanda desimal.

• AutoNumber, berisi angka urut yang sudak ditetapkan oleh Ms. Access yang muncul secara otomatis dan nilainya tidak dapat diubah.

• Yes/No, berisi dua nilai saja yaitu Yes/No atau True/false dan On/Off.

• OLE Object, digunakan untuk eksternal objek. Misalnya gambar, suara, dan sebagainya.

• Hyperlink, gabungan dari Text dan Numerik yang disimpan dalam bentuk Text. Digunakan untuk menyimpan pointer ke situs web.

• Lookup Wizard, untuk memilih sebuah nilai dari tabel lain atau List Box atau Combo Box.

Memulai Microsoft Access

  Untuk memulai microsoft Access pada dasarnya hampir sama antara Taskbar Windows 95 – 2000 yaitu dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Klik Start yang ada pada taksbar

2. Pilih dan klik menu Program > Microsoft Access. Tunggu sampai jendela kerja Microsoft Access ditampilkan
Sebagai ilustrasi dapat dilihat pada gambar berikut :


2.2. Lembar Kerja Microsoft Access

Pada saat Anda pertama kali menjalankan microsoft Access maka akan tampil kotak dialog dimana memungkinkan Anda dapat membuat data base baru dengan dua cara :

1. Blank Access Database
2. Access database Wizards.


Jika Anda tidak menginginkan tampilan Kotak Dialog pada saat pertama kali dijalankan program MS Access Anda dapat memilih perintah option pada menu tools dan matikan Check Box, Starup Dialog, pada tab Sheet View.

Berikut ini adalah pilihan yang ada pada kotak dialog MS Access


2.3. Menutup Microsoft Access

Menutup MS Access berarti keluar dari program MS Access. Untuk keluar dari program MS Access dapat dilakukan dengan salah satu cara berikut ini :


b. Tekan tombol kombinasi shorcut Key Alt + F4

Mengenal Database Microsoft Access

Database atau yang biasa dikenal dengan basis data adalah kumpulan data yang berhubungan dengan suatu obyek, topik atau tujuan tertentu. Misalnya : Data Buku Perpustakaan, Data Karyawan, Data Mahasiswa, dll. Dengan Microsoft Access anda dapat mengolah seluruh data yang anda milik kedalam sebuah file database. Sebelum mengenal lebih jauh tentang Microsoft Access, maka lebih baiknya anda mengenal komponen dasar yang ada di dalamnya. Adapun Komponen Dasar Pembangun Database di Microsoft Access adalah sebagai berikut :

1. Tables : Tabel adalah inti dari sebuah database, bisa dikatakan komponen utama, karena dari pembuatan data sampai input datapun semua masuk kedalam tabel.

2. Queries : Digunakan untuk memanipulsi data, seperti perhitungan, rumus, filtering, penyortiran, ataupun merelasikan antar tabel agar membentuk informasi data yang diinginkan. Selain itu masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh Query.

3. Forms : Berhubungan dengan Tampilan, yang gunanya untuk mempercantik tampilan. Jadi intinya dengan tampilan yang menarik dan mudah digunakan, maka orang yang tidak tahu bagaimana cara membuat program database pun bisa menggunakannya.

4. Report : Digunakan untuk membuat laporan. Anda bisa mendesign laporan apa saja yang kira - kira siap dicetak / disajikan.

5. Pages : Digunakan untuk membuat halaman Web berupa data access page yang dapat anda tempatkan di server sistem jaringan intranet atau internet.

6. Macros : Untuk mengotomatisasi perintah - perintah yang sering anda gunakan dalam mengolah data.

7. Modules : Digunakan untuk merancang berbagai modul aplikasi pengolahan database tingkat lanjut sesuai dengan kebutuhan anda. Modul ini berisi kode Visual Basic for Aplications yang anda tulis untuk menangani peristiwa dalam Microsoft Access.

Demikian dulu tentang pengenalan komponen dasar Microsoft Access, pada kesempatan berikutnya akan saya lanjut pada sebuah kasus tentang penggunaan komponen - komponen tersebut. Di Microsoft Access pada dasarnya tidak begitu ada perbedaan antara Versi sebelum dan sesudahnya, hanya berbeda tampilan dan tool - tool didalamnya, tetapi untuk komponen dasarnya saya rasa tidak akan jauh berbeda antara Versi sebelum dan sesudahnya.

Pengertian Dan Sejarah Microsoft Access

Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapsa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. Versi terakhir adalah Microsoft Office Access 2007 yang termasuk ke dalam Microsoft Office System 2007.
Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.

Sejarah Ms Access

Akses versi 1.0 dirilis pada 13 November 1992, segera diikutiMei 1993 oleh 1,1 Akses untuk meningkatkan kompatibilitas dengan produk Microsoft lain dan termasuk bahasa pemrogram Akses Dasar.
Microsoft menentukan spesifikasi minimum persyaratan perangkat keras untuk akses v2.0: Microsoft Windows v3.1 dengan 4 MB RAM yang dibutuhkan, 6 MB RAM direkomendasikan; 8 MB yang tersedia hard disk space yang dibutuhkan, 14 MB hard disk space direkomendasikan. Produk ini dikirim pada tujuh disket 1,44 MB manual menunjukkan tanggal hak cipta 1993.
Awalnya, perangkat lunak bekerja dengan baik dengan database yang relatif kecil tapi terdapat beberapa kondisi menyebabkan korupsi data . Sebagai contoh, file ukuran lebih dari 10 MB yang bermasalah (perlu diketahui bahwa sebagian besar hard disk lebih kecil dari 500 MB pada saat ini digunakan lebar), dan manual yang dibawanya memperingatkan bahwa beberapa keadaan di mana usang driver perangkat atau konfigurasi yang tidak benar menyebabkan kehilangan data .

Senin, 06 Agustus 2012

Fungsi Sum, Average, Max, Min, Dan Count Dalam Microsoft Excel

Dalam Microsoft Excel terdapat Fungsi yang sering digunakan antara lain :

  1. SUM              : digunakan untuk mencari jumlah isi data pada range tertentu
  2. AVERAGE    : digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari suatu range
  3. MAX             : digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari suatu range
  4. MIN              : digunakan untuk mencari nilai terendah dari suatu range
  5. COUNT        : digunakan untuk mencara banyaknya data dari satu range
perhatikan contoh penggunaan fungsi-fungsi diatas :




Cara pengerjaan :
  • Jumlah Nilai pada cell F6 adalah “=Sum(C6:E6)” atau “+C6+D6+E6”
  • Total Nilai Kelas pada cell C16 adalah “=Sum(C6:C15)”
  • Rata-rata Nilai Kelas pada cell C17 adalah “=Average(C6:C15)”
  • Nilai Terendah pada cell C18 adalah “=Min(C6:C15)”
  • Nilai Terbesar pada cell C19 adalah “=Max(C6:C15)”
  • Jumlah Data pada cell C20 adalah “=Count(C6:C15)”
Untuk nilai TAS dan nilai Praktikum, dapat dilakukan penggandaan rumus formula / melakukan copy rumus hanya dengan menggerakkan kursor ┼ pada sebelah kanan bawah cell yang akan di-copy lalu ke daerah yang masih belum ada rumus formulanya.

Fungsi Hlookup Dalam Microsoft Excel

HLOOKUP adalah salah satu fungsi referensi yang bisa digunakan untuk menghitung /mengambil data dari tabel referensi. HLOOKUP biasa juga disebut horizontal lookup.

Syntax
HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,range_lookup)


Lookup_value is the value to be found in the first row of the table. Lookup_value can be a value, a reference, or a text string.

Table_array is a table of information in which data is looked up. Use a reference to a range or a range name

atau sederhananya seperti di bawah ini;
Lookup_value adalah nilai yang ditemukan pada baris pertama tabel
Table_array adalah range table dimana data referensi akan ditemukan.

Contoh:
1. Buat tabel seperti di bawah ini
Baris pertama dan kedua merupakan tabel referensi
Baris ke lima hingga 12 adalah tabel kerja




2. ketik formula: pada sel E5
=HLOOKUP(D5,$C$1:$G$2,2)

Fungsi Rumus If Dalam Microsof Excel

Fungsi IF merupakan fungsi logika, yang artinya suatu nilai mempunyai syarat dan dapat bernilai benar jika syarat terpenuhi serta bernilai salah jika syarat tidak terpenuhi. Secara umum rumus fungsi IF dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut :


IF(Logical_Test;Value_if_True;Value_if_false) atau

IF(Syarat;Hasil_Jika_Syarat_Terpenuhi;Hasil_Jika_Syarat_Tidak_Terpenuhi)

Perhatikan salah satu contoh kasus dibawah ini:

Terdapat daftar nilai siswa-siswi yang mempunyai keterangan lulus dan tidak lulus, dengan syarat jika nilai lebih kecil atau sama dengan 50 maka siswa dinyatakan “Tidak Lulus”.



Dari gambar diatas kita dapat menggunakan fungsi IF untuk memberikan hasil pada keterangan berdasarkan nilai yang didapat. Coba buat tabel seperti pada gambar diatas, dengan mengosongkan data keterangan karena akan diisi menggunakan rumus fungsi IF. Setelah selesai coba masukan rumus berikut ini pada sel D3.



=IF(C3<=50;”Tidak Lulus”;”Lulus”)

Kemudian tekan enter untuk melihat hasilnya, setelah terlihat hasilnya coba copy kan rumus tersebut untuk sel D4 sampai dengan D7.
Fungsi IF diatas adalah fungsi IF sederhana,  kita bisa menggabungkan beberapa fungsi bersamaan dengan Fungsi IF.

Fungsi Flookup Dalam Microsoft Excel Beserta Contohnya

Banyak pembaca yang ingin tahu tentang rumus VLOOKUP pada Program Inventori Kontrol. Karena ingin menyesuaikan program tersebut agar lebih cocok dengan kebutuhan mereka. Banyak halaman di internet membahas rumus ini, tapi hanya beberapa yang memberikan contoh penerapan.

Rumus VLOOKUP berfungsi untuk mencari suatu referensi atau acuan tertentu pada data di kolom pertama tabel, lalu mengambil data lain di baris yang sama dengan baris data referensi tapi pada kolom berbeda berdasar nomor index kolom.

Sebagai contoh: ada suatu tabel dimana terdapat nomor telpon, nama dan alamat, sebagaimana gambar dibawah. Nomor telpon digunakan sebagai patokan atau referensi. Jika pada sel kuning (B2) diinput nomor telpon, maka pada sel C2 akan muncul nama, dan pada sel D2 akan muncul alamat.

Sabtu, 04 Agustus 2012

Formula Pada Microsoft excel

Formula (rumus) adalah persamaan yang melakukan penghitungan pada nilai-nilai di dalam lembar kerja (worksheet) Anda di dalam aplikasi Excel. Sebuah formula dimulai dengan tanda sama dengan (=).
Sebagai contoh, berikut ini adalah formula untuk 1 ditambah 3 dikurangi 2:
=1+3-2

Di dalam sebuah formula, operator menentukan jenis perhitungan yang ingin Anda lakukan. Ada urutan baku (default) dalam perhitungan yang terjadi, tetapi Anda dapat mengubah urutan ini dengan menggunakan tanda kurung ().

Jenis-jenis operator adalah sebagai berikut:

1. Operator Aritmatika

Untuk melakukan operasi penghitungan dasar matematis seperti penambahan, pengurangan, perkalian atau pembagian gunakan operator aritmatika berikut:
Operator Aritmatika
+ (plus) Penambahan, Contoh: 3+3
– (minus) Pengurangan/Negatif, Contoh: 3–1 atau –1
* (asterisk/bintang) Perkalian, Contoh: 3*3
/ (garis miring) Pembagian, Contoh: 3/3
% (persen) Persentase, Contoh: 20%
^ (caret/tanda sisipan) Eksponen/Pangkat, Contoh: 3^2

Manfaat Dari Microsoft Excel


Perubahan adalah satu-satunya hal yang konstan. Dengan kemajuan teknologi hari demihari, masing-masing dan setiap teknologi yang kita gunakan kebutuhan mengupgreade.Microsoft Excel adalah salah satu perangkat lunak utama yang membentuk tulangpunggung kantor pemeliharaan data. Dengan Microsoft Excel 2010 baru tersedia satuharus melihat manfaat dan utilitas yang diperlukan oleh individu tertentu.Kebutuhan dan manfaat dari upgrade ke Microsoft Excel 2010 dan isu-isu yang dapatmuncul di upgrade, dibahas di sini:* Kebutuhan dan manfaat dari upgrade ke MS Excel 2010* Masalah yang dapat muncul di upgrade atau pasca upgrade* MS Excel 2010Kebutuhan dan manfaat dari upgrade ke MS Excel 2010Dua versi MS EXCEL tersedia adalah Standar dan Profesional. Sebagian besar manajerproyek atau orang dengan persyaratan pekerjaan yang sama dapat menggunakan versiprofesional yang dicapai dengan fitur-fitur inovatif dan berguna baru.Tool bar baru pita adalah fitur yang paling menarik. Versi terbaru juga termasuk built-intool screen capture, mode di mana dokumen Anda dapat dilindungi, seni baru template,sebuah belakang panggung melihat dengan semua aplikasi, alat removal latar belakang,gaya huruf, opsi pengeditan baru untuk teks dan gambar , fungsi kolaborasi hidup,animasi tambahan di PowerPoint.Panel navigasi yang baru tidak diragukan lagi perubahan yang paling mencolok yangterjadi ke Excel. Hal ini mencakup fitur-fitur sebagai peta dokumen, thumbnail, tampilanoutline dan menemukan dialog semua dalam satu pane. Ini panel navigasi akanmenampilkan semua judul dalam dokumen untuk melihat lebih cepat. Hal ini dengangrafik pivot lebih baik, format kondisional, dan baru visualisasi data melalui Sparklinesdan slicers.Masalah yang dapat muncul di upgrade atau pasca upgradeMeskipun ada banyak keuntungan dari versi ini, ada banyak kelemahan juga. Ada banyak masalah dimana user bisa hadapi selama mengupgreade dan setelah itu. Hal ini seringterjadi bahwa Excel menunjukkan kesalahan pada membuka file, terutama file tidak membuka melalui Internet Explorer, sementara file yang korup dan tidak kompatibeldengan versi yang lebih tua lainnya MS Office, jika MS Office 2010 adalah dihapus.Sistem operasi selain dari Apple Mac, Windows 7, Windows Vista, Windows XP akanmenghadapi masalah.Sistem ini membutuhkan  pembaca XPS

Cara Membuat Tabel Dalam Microsoft Excel



Melakukan penghitungan angka-angka memang Ms excel selalu dapat diandalkan. Banyak sekali kemudahan-kemudahan yang didapat dengan menggunakan Ms Excel. Namun berbeda dengan Ms Word, agak lebih sulit jika melakukan penghitungan angka-angka. Memang pada Ms Word juga terdapat fasilitas untuk melakukan penghitungan angka, namun tidak seperti Ms excel yang memang khusus untuk program pengolah angka yang sudah pasti sudah lengkap fitur-fiturnya.
Terkadang kita dihadapkan pada dokumen yang berisi naskah tulisan yang lebih mudah dikerjakan di Ms Word dan angka-angka yang lebih mudah jika dikerjakan menggunakan Ms Excel. Tentunya akan repot jika mengerjakan satu dokumen dengan dua program word dan excel. Pada Ms Word telah tersedia fasilitas atau fitur untuk menggabungkan antara ketikan atau tulisan dan table angka yang ada di Ms Excel. Jadi anda bisa mengerjakan tulisan di ms word dan angka-angka di ms excel dalam satu file Ms Word saja. Dengan demikian dalam hal mengetik naskah dapat kemudahan dilain sisi penghitungan angka-angka juga dapat dilakukan dengan mudah pula. Dengan kata lain kita dapat menggabungkan Ms Word dengan Ms Excel.
Untuk melakukan hal tersebut, silahkan diikuti langkah berikut ini :
1. Bukalah Program Ms Word 2007 kemudian ketik naskah anda.Pada tempat dimana kita membuat table dengan angka-angka tertentu, silahkan buka ribbon Insert kemudian pilih Table. Pada pilihan yang muncul 2. klik pada Excel Spreadsheet 


 
3. Maka jendela excel akan nampak di lembar kerja Ms Word anda, perhatikan pula menu-menu yang ada akan berubah menjadi menu-menu Ms excel. 
 
4. Setelah itu buatlah table seperti yang anda kehendaki atur sedemikan rupa sehingga posisinya pas dengan tulisan dan ketikan di ms word.
5. Jika sudah klik pada area ms word. Maka table telah terbentuk, untuk mengedit datanya silahkan klik ganda pada table tersebut.