Kamis, 02 Agustus 2012

Fitur-Fitur Yang Terdapat Pada Microsoft Excel





¨  Formula Bar adalah : tempat dimana kita menuliskan rumus formula, tapi harus diingat bahwa penulisan rumus formula bukan berupa angka melainkan alamat cell / cell addressnya.
¨  Setiap kali menuliskan formula yang diperlukan harus selalu diawali dengan tanda sama dengan (=) atau tanda tambah (+).
¨  Name Box adalah : tempat yang menunjukkan alamat dari cell / address cell yang ditunjuk oleh pointer.
¨  Name box mencatat alamat cell pointer dengan diawali pencatatan nama kolom (A-IV) selanjutnya nomor baris (1-65536), sebagai contoh :
¨  cell B5 dibaca kolom ke-2 ( yakni kolom B) baris ke-5


jenis data pada cell
  1. Konstanta, terdiri dari 4 jenis type data yakni :
¤  Character : semua huruf dan angka yang tidak dapat digunakan dalam melakukan perhitungan yakni A-Z, a-z, dan 0-9
  1. Formula seperti rumus yang selalu diawali dengan tanda sama dengan (=) atau tanda tambah (+). Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.
Pemakaian fungsi pada MS Excel
¨  Operator Perhitungan MS Excel
¤  Penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan pangkat dilakukan dengan cara menuliskan alamat selnya bukan angkanya pada formula bar.
¨  Contoh :
¤  Penjumlahan : =A1+B1 atau +A1+B1.
¤  Pengurangan : =A1-B1 atau +A1-B1.
¤  Perkalian : =A1*B1 atau +A1*B1.
¤  Pembagian : =A1/B1 atau +A1/B1.
Pangkat 2 : = A1^2 atau A1^2.

Fungsi bantu statistik
  1. Max (Range) : mencari nilai terbesar dari suatu range.
  2. Min (Range) : mencari nilai terkecil dari suatu range.
  3. Sum (Range) : mencari jumlah dari isi data yang terdapat pada suatu range.
  4. Average (Range) : mencari nilai rata-rata dari suatu range.
  5. Count (Range) : mencari jumlah data yang terdapat pada suatu range.
Fungsi kelompok text
  1. Left : mengambil karakter yang ada di sebelah kiri dari satu kesatuan karakter. Penulisan : =LEFT(teks, jumlah_karakter)
  2. Right : mengambil karakter yang ada di sebelah kanan dari satu kesatuan karakter. Penulisan : =RIGHT(teks, jumlah_karakter)
  3. Mid : mengambil karakter yang ada di tengah dari satu kesatuan karakter. Penulisan : =MID(teks, angka_awal, jumlah_karakter)
  1. Upper : mengubah semua karakter dalam setiap kata yang ada pada suatu teks menjadi huruf besar / kapital. Contoh : =UPPER(“saya”) menghasilkan SAYA
  1. Lower : mengubah semua karakter dalam setiap kata yang ada pada suatu teks menjadi huruf kecil. Contoh : =LOWER(“SAYA”) menghasilkan saya
  2. Proper : mengubah karakter pertama dalam setiap kata yang ada pada suatu teks menjadi huruf besar / kapital dan mengubah huruf berikutnya dengan huruf kecil. Contoh : =PROPER(“saya sedang praktikum”) menghasilkan Saya Sedang Praktikum
  3. Len : mengambil karakter terkiri sejumlah yang dinyatakan pada argumen jumlah_karakter. Contoh : =LEN(“Praktikum”) menghasilkan 9
  4. Text : mengubah angka menjadi teks dengan jumlah desimal sesuai yang dinyatakan pada argumen format_teks. Penulisan : =TEXT(angka, format_teks) Contoh : =TEXT(100/4,“0.00”) menghasilkan 25.00
  5. Dollar : mengubah angka menjadi teks mata uang dolar, disertai pembulatan dan jumlah desimal menurut argumen jumlah_desimal. Penulisan : =DOLLAR(angka, jumlah_desimal) Contoh : =DOLLAR(22/7,6) menghasilkan $3.142857. =DOLLAR(22/7,5) menghasilkan $3.14286.
  6. Char : mengubah angka antara 1 sampai 255 menjadi karakter kode ASCII. Contoh : =CHAR(125) menghasilkan }.
  7. Code : mengubah karakter pertama menjadi kode ASCII. Contoh : =CODE(“Infor”) menghasilkan 73. =CODE(“Ikan”) menghasilkan 73 juga
Fungsi bantu logika
¨  And (Logical 1,logical 2,…,logical 30) → menghasilkan argument true jika semua logika benar.
¨  Or (Logical 1,logical 2,…,logical 30) → menghasilkan argument true jika salah satu logika benar.
¨  Not (Logical) → menghasilkan kebalikan logika.
¨  If (Logical Text, Value True, Value False) → menghasilkan argument dengan pemenuhan syarat yang telah ditentukan
Fungsi absolute
¨  Fungsi penggunaan absolut ini adalah apabila kita tidak ingin referensi cell berubah saat suatu formula disalin, buatlah referensi cell absolut dengan mengetik tanda dillar ($) atau tekan F4 apabila pengetikan referensi cell yang anda ingin tidak berubah. Seperti formula =D4 berubah saat anda salin ke cell lain, tetapi $D$4 selalu merujuk pada cell yang sama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar